muse

pinzra Masa yang paling indah adalah masa remaja. Masa yang paling menyedihkan adalah masa remaja. Masa yang paling ingin dikenang adalah masa remaja. Masa yang paling ingin dilupakan adalah masa remaja.

Tuesday, May 25, 2010

Konstribusi Matematikan Dalam Ilmu Komputer

Dalam era ini, teknologi sangatlah penting dalam menunjang kemajuan jaman. Teknologi yang sangatlah berpengaruh yaitu teknologi komputer. Sebagian besar atau bahkan hampir semua bidang pada jaman sekarang sudah menggunakan teknologi komputer. Ilmu computer berkesinambungan dengan ilmu informasi. Dan di bawah ini akan dijelaskan tentang pengertian ilmu computer dan ilmu informasi.

Ilmu informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, dan mencakup cara bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali data dan informasi tersebut. Ilmu informasi merupakan dasar dari analisa komunikasi dan basis data. Sedangkan Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Konstribusi dan peranan ilmu matematika ke depan kan terus berkembang. Matematika semakin banyak digunakan dalam bidang kehidupan, misalnya bidang industri, asuransi, keuangan, pertanian, bidang sosial maupun teknik.

Ilmu komputer dan teknologi informasi merupakan ilmu matematika murni. Tapi banyak yang beranggapan bahwa mempelajari ilmu matematika murni tidak ada kegunaannya. Dasar ilmu computer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini. Sebagai contoh dalam bidang matematika yaitu penggunaan logika matematika sebagai dasar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, jaringan saraf tiruan dan lainnya.

Cabang-cabang matematika yang digunakan dalam ilmu komputer seperti dasar matematika: teori graf, teori informasi, logika simbolik, peluang dan statistik, aljabar boelan, matematika distrik ; Teori Informasi Algoritmik: Kompilator ; Gerbang Logika.

Ada juga istilah Algoritma yang merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, maka dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Penjelasan dari beberapa cabang tersebut ada di bawah ini:

  1. Teori Informasi

    Teori informasi adalah disiplin ilmu dalam bidang matematika terapan yang berkaitan dengan kuantisasi data sehingga data atau informasi itu dapat disimpan dan dikirimkan tanpa kesalahan (error) melalui suatu kanal komunikasi. Alatnya disebut Entropi informasi (information entropy) dan biasanya dinyatakan sebagai banyaknya bit rerata yang diperlukan untuk penyimpanan dan pengiriman informasi tersebut. Sebagai contoh, jika keadaan cuaca harian dinyatakan dengan entropi 3 bit, maka kita katakan bahwa cuaca itu mempunyai rata-rata 3 bit tiap harinya.

  2. Statistika

    Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri). Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

  3. Matematika diskret

    Matematika diskret atau diskrit adalah cabang matematika yang membahas segala sesuatu yang bersifat diskret. Diskret disini artinya tidak saling berhubungan (lawan dari kontinu). Hal- hal yang dibahas dalam matematika ini adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi, rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskret merupakan mata kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.

  4. Probabilitas

    Probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Nilainya di antara 0 dan 1. Kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 1 adalah kejadian yang pasti terjadi, dan tentu tidak akan mengejutkan sama sekali. Sedangkan suatu kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 0 adalah kejadian yang mustahil atau tidak mungkin terjadi.

  5. Gerbang Logika

    Gerbang Logika merupakan dasar pembentukan system digital. Gerbang Logika beroperasi dengan bilangan biner, sehingga disebut juga gerbang logika biner. Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah TINGGI atau RENDAH. Tegangan Tinggi berarti 1, sedangkan tegangan rendah berarti 0.

Semua hal di atas sangatlah berpengaruh terhadap ilmu computer. Karena matematik adalah dasar ilmu computer. Konstribusi matematika dalam kehidupan juga banyak, seperti yang sudah disebutkan di atas.

No comments:

Post a Comment